Selasa, September 25, 2007

Kesempatan

Diposting oleh Soraya di 9/25/2007 04:58:00 PM 8 comment Link ke posting ini
Dalam sebuah perjalanan dinas, seorang manajer dan stafnya yang masih muda menumpang kereta api jurusan Bandung-Jakarta. Tempat duduk yang tersisa hanyalah di depan wanita muda yang cantik dan neneknya. Sang manajer dan stafnya duduk berhadapan dengan kedua wanita tersebut ( bangku kereta mirip kelas ekonomi sekarang ). Sementara kereta api berjalan, keempat orang ini mencoba menyesuaikan diri dengan membuka percakapan.

Percakapan mulai terbuka, hingga tanpa terasa kereta yang mereka tumpangi mulai memasuki terowongan Sasaksaat. Entah kenapa, lampu dalam gerbong tiba-tiba tidak menyala. Tak ayal lagi, seluruh gerbong pun menjadi gelap gulita.

Untuk beberapa lama, keempat orang ini-dan tentunya penumpang lain- diliputi kegelapan total. Mereka hanya ditemani deru lokomotif serta bunyi kereta api. Dalam kesunyian sesaat itu, disamping mendengar deru kereta api, keempat orang yang duduk berdekatan itu mendengar dua suara lain yang cukup keras, yakni sebuah ciuman dan sebuah tamparan.

Setelah melewati terowongan yang gelap tsb, keempat orang itu mulai menerjemahkan bunyi ciuman dan tamparan tadi dengan persepsi masing2.

to be continued..

Si Wanita muda berpikir, " Saya merasa tersanjung, manajer yang berdasi di depan saya ini telah mencium saya, namun saya sangat malu karena nenek menamparnya."

Sedangkan neneknya berpikir, " Saya kesal karena orang muda itu mencium cucu saya, tetapi saya bangga karena cucu saya punya keberanian untuk membalasnya!"

Di pihak lain, sang manajer duduk diam sambil berpikir, " Staf saya telah memperlihatkan keberanian yang besar untuk mencium gadis yang belum dikenalnya, tetapi kenapa gadis tersebut keliru menampar saya?"

to be continued..

Lalu, bisakah kalian tebak apa yang sebenarnya terjadi....??

lanjuut........

Tampaknya, hanya staf itu satu - satunya orang yang tahu apa yang sesungguhnya terjadi, sebab dalam waktu yang singkat dia mempunyai "kesempatan" untuk mencium seorang gadis cantik sekaligus menampar manajernya. ( dengan alasan yg emang cuma tu staf yang tw, hi3, w mana tw.. )

***

ORANG bijak pernah membagi tiga jenis manusia. Pertama, manusia bodoh, yakni mereka yang selalu melalaikan dan mengesampingkan setiap kesempatan yang ada. Kedua, manusia baik, yakni mereka yang selalu mengambil kesempatan yang datang kepadanya. Sedangkan jenis manusia yang ketiga adalah manusia bijak, yakni mereka yang selalu mencari kesempatan yang memungkinkan dirinya untuk terus berkembang tanpa harus banyak menunggu.

Dimanakah kesempatan itu? di luar atau di dalam diri? Kesempatan sebenarnya bukan berada di luar diri manusia. Kesempatan yang hakiki justru berada dalam individu tsb. Artinya, respon kita terhadap peristiwa yang terjadi yang akan menggiring pemaknaan kita apakah itu kesempatan atau bukan. Proses pemaknaan dan mengambil sesuatu itu sebagai suatu kesempatan atau peluang tidak semata-mata ditentukan oleh jenjang pendidikan atau jabatan, melainkan melalui cara kita memandang. Oleh karena itu, dalam kenyataannya ada dua jenis manusia yang dapat memknai fenomena yang ada sebagai suatu kesempatan, yaitu opportunist dan adventurer.

Sebagai contoh, ada begitu banyak kejadian dimana orang memanfaatkan kesempatan menjarah barang2 orang yang mengalami kecelakaan sementara si pemilik sedang sekarat. Atau dalam kejadian lain, seseorang bisa bergabung dalam kelompok atau club tertentu hanya untuk mencari kesempatan bagaimana supaya keinginan, ambisi, serta popolaritas dirinya terangkat. Orang2 yang memanfaatkan kesempatan dengan niat yang tidak tulus, bahkan cenderung mengorbankan orang lain, inilah yang dikenal dengan kaum opportunist. Ketika orang lain memandang suatu kejadian atau fenomena sebagai ajang untuk melayani orang lain, justru cara pandangnya yang negatif mengatakan dan mendorong dirinya untuk meraih keuntungan yang sebesar-besarnya.

Sebaliknya, mereka yang mampu memanfaatkan kejadian yang ada sebagai sarana untuk membangun dirinya dan orang lain maupun perusahaan adalah mereka yang dikenal dengan kaum adventurer. Mereka bahkan mampu melihat apa yang tidak mungkin di mata orang lain menjadi mungkin. Masih segar dalam ingatan kita satu pepatah indah yang pernah menjadi goresan tinta emas dunia kewirausahaan, " Ribuan orang melihat apel jatuh, namun hanya Isaac Newton yang bertanya : Mengapa? "

Kehadiarn mereka ditengah-tengah lingkungan menjadi sumber inspirasi bagi orang lain untuk membangun kompetensi. Mereka tidak segan-segan berbagi kepada orang lain, tanpa rasa takut disaingi atau popularitas mereka hancur. Mereka tahu bahwa semakin banyak memberi inspirasi, semakin peka pula intuisinya dalam melihat kejadian sebagai suatu kesempatan.

Menjadi opportunist maupun adventurer adalah suatu pilihan bagi kita. Mari kita memilih untuk menjadi adventurer yang memiliki pikiran yang selangkah lebih maju dalam memaknai setiap kejadian. Saat orang lain diam, kita mulai berjalan. Saat orang lain berjalan, kita mulai berlari. Saat orang berlari, kita sudah sampai. Saat orang lain sampai, kita istirahat. Saat orang istirahat, kita sudah mulai jalan lagi. One Step Ahead!

Semoga bermanfaat...........


Jumat, September 21, 2007

Wajib Manzil dari Ta'lim...

Diposting oleh Soraya di 9/21/2007 11:36:00 AM 0 comment Link ke posting ini
Attention for ukhti2 mad'u-nya Mba Nani...

Ada PR niih.. harap diingat yah bagi yang lupa or belom tau, buruan deh kerjain coz hariya tinggal besok euy....

Wajib Manzil 1
Tulis dan Hafalkan QS. Al-Baqarah : 183-185 beserta terjemah

Wajib Manzil 2
Buat Target Ramadhan ( dari pribadi masing2 ), sbb:
  • Tilawah
  • Muroja'ah
  • Baca Buku Islam
  • Sholat Sunnah ( Dhuha, Rawatib, Tahajud, dll )
    Infaq
  • Silaturahmi

Cara nya:--> 10 hari pertama, target yg diatas itu ditulis... , ex: tilawah -> ampe juz berapa.... , muroja'ah -> surat ap aj.., baca buku islam -> berapa banyak buku, sholat sunnah -> full / engga-> ... x, dll dah, ngerti khan...

Trus juga masi banyak pembahasan lainnya, amat sangat diharapkan loh kehadirannya pada ma Mba Nani.. Okeh..

Kamis, September 20, 2007

Kecewa lagi...

Diposting oleh Soraya di 9/20/2007 09:47:00 AM 0 comment Link ke posting ini
Karena ni blog punya w, jadi terserah w yawh isinya apaan. Sekarang ini w lagi mau mengungkapkan isi hati yang terlalu "aneh" ini..dengan kata lain "curhat" =) Jadi gni loh... Kemaren tu w g masup. sebenernya sih banyak pertimbangan dalam memutuskan w hadir ato engga hari itu ke kantor. Walhasil, ternyata w bener2 g masup... padahal w dah dapet mandat dari atasan buwat ikut keluar lapangan lagi tuk kedua kalinya... Huff, batal deh gara2 w g hadir. Lalu, w pikir hari ini mandat itu masih berlaku... tapi kenyataannya w masih aja stand by di kantor, ngerjain yg g jelas, urusan2 kemaren yang sempet tertinggal juga dah beres, tinggal urusan2 baru yang menunggu wat dikerjain. huh.. ( lagi2 ngeluh, sabar yaa para reader.. hehehe )

Banyak hal yang mesti dipelajari tapi w bingung harus memulainya darimana.. help me...!!

Bagi yang puasa, met menjalankan ibadahnya yaa... g kerasa uda hari ke 8 Ramadhan, hayo2.. yang juz Al Qur'annya masi dibawah target, buruan kejaar... ntar Ramadhannya keburu pergi baru deh nyesell.. hiks2.. mangkanya mumpung masi ad Ramadhanny, isi deh tuh dg hal2 yg bernilai ibadah, lawan syaithan2 yang masi bisa lepas itu ( walaupun katanya para Syaithan itu pada dibelenggu, tapi kl ternyata alasannya masi menggunakan kata2 , nah lho.. syaithan dari mana tuuh.. ). Oke dee, pesen w -->1) Unzur ila ma qol wa la tanzur ila man qol.. hehe..

Syukron...

Selasa, September 18, 2007

Jadi juga neeh...

Diposting oleh Soraya di 9/18/2007 11:44:00 AM 0 comment Link ke posting ini
AlhamduLillah jadi juga neh blog "aneh" ni. padahal sebelumnya ga ada niatan wat ikut2an bikin blog. tapi tapi daripada seter mikirin problema kehidupan yang tak kunjung usai.. ( duh..laga'nya..) , yasu lah.. mengisi waktu dengan melakukan hal2 diluar pembelajaran... hi3, begini deh misalnya, bikin postingan yang "aneh2"...

G tw deh bisa istiqomah pa engga ngrusin ni blog.. hehe, maklum tipikal" moody". Jadi y.. selagi ada, n selagi isinya masih bisa bermanfaat, datengin deh ni blog, trus kasi comment dah... okeh...?!

met membaca...
* hayya lil qira'

Penemu Lambang @ pada E-mail

Diposting oleh Soraya di 9/18/2007 11:25:00 AM 0 comment Link ke posting ini
Banyak yang memakai email tapi mungkin tidak tahu kenapa dan siapa yang menemukan tanda @ dalam alamat email. Surat elektronik atau electronic mail (e-mail) pertama yang berhasil dikirimkan antara dua mesin dilakukan oleh seorang insinyur pendiam, Ray Tomlison di BBN suatu hari di tahun 1972. Sebelumnya, Tomlison telah menulis program mail untuk Tenex, sistem operasi yang dikembangkan BBN, yang hingga sekarang masih beroperasi pada mesin-mesin PDP-10 ARPANET.

Selain itu, yang juga monumental adalah penemuan lambang @ pada e-mail yang kemudian digunakan orang di seluruh dunia. “Karena saya yang pertama [menemukan], jadi saya bisa leluasa memilih pungtuasi yang saya inginkan,” ujar Tomlison. “Saya memilih lambang @,” ujarnya. Karakter ini, menurut dia, lumayan membantu karena mirip huruf a untuk address atau alamat lembaga pemilik e-mail yang dituju. Ia tidak menyadari betapa saat itu ia sedang menciptakan sebuah icon penting untuk jagat Internet.

Kenali Hatimu..

Diposting oleh Soraya di 9/18/2007 09:15:00 AM 0 comment Link ke posting ini
Peran hati terhadap seluruh anggota badan ibarat raja terhadap para prajuritnya. Semua tunduk kepadanya. Karena perintah hatilah istiqomah atau penyelewengan itu ada. Begitu pula dengan semangat untuk bekerja maupun belajar. Rasulullah Shalallahu alaihi Wa Salam bersabda: "Ketahuilah, di dalam tubuh itu ada segumpal daging. Bila ia baik maka baik pulalah seluruh tubuh. Dan apabila ia rusak maka rusak pulalah seluruh tubuh. Ketahuilah itu adalah hati. (HR Bukhari dan Muslim) Macam-Macam Hatihati yang sehat, hati yang mati, dan hati yang sakit.Hati yang sehat adalah hati yang selamat. Pada hari kiamat nanti, barangsiapa yang menghadap allah Subhanahu Wa Ta'ala tanpa membawanya tidak akan selamat. Allah berfirman: "Adalah hari yang mana harta dan anak-anak tidak bermanfaat, kecuali ornag yang datang kepada Allah dengan hati yang selamat." (QS. Asy-Syuara: 88 - 89)

Hati yang selamat didefiniskan sebagai hati yang terbebas dari setiap syahwat, keinginan yang bertentangan dengan perintah Allah dan dari setiap syubhat, ketidakjelasan yang menyeleweng dari kebenaran. Hati ini selamat dari beribadah kepada selain Allah dan berhukum kepada selain Rasulullah. Ubudiyahnya murni kepada Allah. Iradahnya, mahabbahnya, inabahnya, ikhbatnya, khasyyah-nya, raja'nya, dan amalnya, semuanya lillah, karenaNya. Jika ia mencinta, membenci, memberi, dan menahan diri, semuanya karena Allah. Ini saja tidak dirasa cukup. Sehingga ia benar-benar terbebas dari sikap tunduk dan berhukum kepada selian Rasulullah. Hatinya telah terikat kepadanya dengan ikatan yang kuat untuk menjadikannya sebagai satu-satunya panutan, dalam perkataan dan perbuatan. Ia tidak akan berani bersikap lancang, mendahuluinya dalam hal aqidah, perkataan atau pun perbuatan.

Hati yang mati adalah hati yang tidak mengenal siapa Rabbnya. Ia tidak beribadah kepadaNya dengan menjalankan perintahNya atau menghadirkan sesuatu yang dicintai dan diridhaiNya. Hati model ini selalu berjalan bersama hawa nafsu dan kenikmatan duniawai, walaupun itu dibenci dan dimurkai oleh Allah. Jika ia mencinta, membenci, memberi, dan menahan diri, semuanya karena hawa nafsu. Hawa nafsu telah menguasainya dan lebih ia cintai daripada keridlaan Allah. Hawa nafsu telah menjadi pemimpin dan pengendali baginya. Kebodohan adalah sopirnya, dan kelalaian adalah kendaraan baginya. Seluruh pikirannya dicurahkan untuk menggapai target-target duniawi. Ia diseru kepada allah dan negeri akhirat, tetapi ia berada di tempat yang jauh sehingga ia tidak menyambutnya. Bahkan ia mengikuti setiap setan yang sesat. Hawa nafsu telah menjadikannya tuli dan buta selain kepada kebatilan. Bergaul dengan orang yang hatinya mati ini adalah penyakit, berteman dengannya adalah racun, dan bermajlis dengan mereka adalah bencana.

Hati yang sakit adalah hati yang hidup namun mengandung penyakit. Ia akan mengikuti unsur yang kuat. Kadang-kadang ia cenderung kepada 'kehidupan', dan kadang-kadang pula cenderung kepada 'penyakit'. Padanya ada kecintaan, keimanan, keikhlasan dan tawakkal kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala yang merupakan sumber kehidupannya. Padanya pula ada kecintaan dan ketamakan kepada syahwat, hasad, kibr, dan sifat ujub, yang merupakan sumber bencana dan kehancurannya. Ia ada di antara dua penyeru; penyeru kepada Allah, Rasul, dan hari akhir, dan penyeru kepada kehidupan duniawi. Seruan yang akan disambutnya adalah seruan yang paling dekat, paling akrab.

Demikianlah, hati yang pertama adalah hati yang hidup, khusyu', tawadlu', lembut dan selalu terjaga. Hati yang kedua adalah hati yang gersang dan mati. Hati yang ketiga adalah hati yang sakit, kadang-kadang dekat kepada keselamatan dan kadang-kadang dekat kepada kebinasaan.
 

My Story Life Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting