Rabu, Mei 14, 2008

Jadwal OTAK

Diposting oleh Soraya di 5/14/2008 09:20:00 AM 6 comment Link ke posting ini
Seorang teman pada awal tahun 2002 pernah meminjam salah satu buku bisnis saya. Dia mengatakan ingin belajar bisnis, karena kebetulan dia lulusan dari teknologi pangan. Seminggu kemudian ketika saya kerumahnya, buku tersebut masih `utuh’ belum tersentuh, terletak diatas meja dengan sedikit debu diatasnya. Dia mengatakan bahwa minggu ini dia sibuk sekali. Mungkin pada akhir pekan dia akan mulai membaca.

Setahun kemudian ketika saya kesana, ternyata debu diatas buku tersebut bertambah tebal. Dan teman saya masih belum mempunyai waktu untuk membaca karena kesibukannya. Saya akhirnya ambil kembali buku tersebut, karena saya memang sedang membutuhkan informasi didalamnya.

Lalu, bagaimana dengan teman saya ? Saya katakan kepadanya, bahwa seumur hidup dia TIDAK AKAN PERNAH PUNYA WAKTU untuk membacanya. Benarkah ? Atau mungkin saya yang terlalu `pelit’ untuk meminjamkan lagi buku saya kepadanya.

Setiap orang sudah punya `jadwal tetap harian’ di dalam otaknya, mulai dari bangun pagi, gosok gigi, mandi, solat, sarapan, ke kantor, bekerja, hingga tidur malam. Pada awal teman saya tadi meminjam buku, dia berusaha memasukkan `menu baru’ ke dalam `jadwal tetap’nya. Menu baru itu akan tetap disitu jika kita melakukan aktivitas tersebut, namun jika tidak `peringkat’nya akan terus menurun.

Setelah satu tahun, peringkat menu `baca buku’ itu pasti sudah terlempar dari 100 besar. Sangatlah sulit untuk mendongkrak kembali ke urutan 10 besar jika tidak ada alasan yang sangat kuat.

Berapa banyak dari kita yang berperilaku seperti itu ? Menunda hal-hal kecil seperti membaca buku, membersihkan rumah, menata lemari pakaian, dll sampai akhirnya pekerjaan tersebut tertunda terus hingga berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.

Seringkali juga pekerjaan tersebut akhirnya tidak jadi dilaksanakan. Ada tiga hal yang bisa mendorong kita untuk melakukan pekerjaan yang sering tertunda tersebut, yaitu Alasan, Prioritas dan Komitmen.

Alasan

Setiap orang jika menjumpai hal baru selalu timbul satu pertanyaan di benaknya “What’s in it for me ?” Apa manfaat hal baru tersebut untuk saya ? Adakah manfaat tersebut membawa saya ke kehidupan yang lebih baik ? Adakah manfaat tersebut membutuhkan kerja keras ? Adakah manfaat tersebut dapat dinikmati dalam jangka panjang atau pendek ?

Prioritas

Merupakan urutan yang anda letakkan bagi hal baru tersebut. Anda bisa menentukan prioritas hal baru tersebut dengan menanyakan ke diri sendiri beberapa pertanyaan berikut : Seberapa penting hal baru ini dibanding dengan hal yang sudah ada ? Kalaupun lebih penting, haruskah saya kerjakan sekarang ? Dapatkah hal baru ini ditunda kapan- kapan ? Masa iya saya harus menunda pergi ke mall karena harus harus baca buku ?

Komitmen

Komitmen adalah janji anda kepada diri sendiri. Komitmen sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yaitu :

* saya akan lakukan jika saya ada waktu
Komitmen ini yang kerapkali dilakukan oleh orang-2 yang merasa dirinya sangat sibuk. Mereka akan melakukan tugas baru tersebut disela-sela jadwal mereka yang padat. Itupun kalau memang ada waktu luang. Mengapa mereka melakukan ini ? Sudah jelas, mereka tidak punya alasan ! Itulah mengapa alasan diletakkan di tempat pertama.

* saya akan lakukan semaksimal mungkin
Komitmen kedua ini yang kerap dikatakan orang-2 yang sudah punya alasan, dan berusaha mengerjakan sesuatu sebaik mungkin. Tapi komitmen ini juga tidak cukup kuat. Ibaratnya anda mengisi bak air, pada komitmen kedua ini mungkin anda hanya sanggup mengisi setengahnya saja, karena memang sampai disitu saja anda menganggap kerja anda sudah 100 %.

* saya akan lakukan sampai selesai.
Kelihatannya yang ketiga ini cukup sederhana, tapi justru ini yang tersulit. Pada komitmen ketiga ini, anda mungkin harus bekerja lebih keras dan lebih lama, untuk mengisi bak air itu sampai penuh. Anda mungkin bekerja sampai 120 % untuk menyelesaikannya.

Oke, Alasan, Prioritas dan Komitmen. Kalau ketiga hal ini sudah saya laksanakan, adakah hal-hal baru tersebut bisa saya selesaikan ?

Belum, ada langkah terakhir, yaitu action. Sekuat apapun komitmen anda, tentu tidak akan berjalan tanpa tindakan dari anda. Lakukan hal-hal diatas secara terus menerus, karena suatu hal baru akan menjadi kebiasaan jika sering dilakukan.

Selamat bekerja !

- Sonny V. Sutedjo - (artikel pernah dimuat di Majalah Pengusaha Feb. 2004)

****

Sejalan sama 3Mnya "Aa' Gym", mulai dari hal yg kecil, mulai dari diri sendiri n mulai dari yg sekarang..

hehe..jadi inget minjem buku tapi lom w sentuh sama sekali isinya..maaf yawh, sudah berubah wujud dari 'cakep' menjadi 'kurang cakep'..afwan jiddan akhi..! :p akan w masukin jadi menu di hari sabtu or minggu, smg berjalan. amin!

ok dech, segitu aja, la'alla nafa'a.. ^^

Jumat, Mei 09, 2008

Notes..

Diposting oleh Soraya di 5/09/2008 10:23:00 AM 4 comment Link ke posting ini
Seperti saat belanja, barang yang anda catat akan lebih besar
kemungkinan terbeli, sementara barang yang tidak anda catat -
akan lebih besar kemungkinan untuk terlupakan.

Sama juga dengan itu, buatlah catatan tentang apa yang anda
ingin capai hari ini, supaya kemungkinan anda bisa mencapainya
menjadi lebih besar. Bersamaan juga dengan itu, buat catatan
tentang masalah dan tantangan anda karena masalah yang tercatat
akan lebih mungkin untuk diselesaikan.

Saat membuat catatan, anda memiliki satu sekutu besar di pihak
anda — yaitu komitmen dan kendali. Saat anda menuliskan catatan,tindakan itu telah mencerminkan sebuah komitmen untuk menyelesaikan
masalah. Dan saat anda mulai mencatat - anda telah mengubah
pikiran anda menjadi kerja - dan itu berarti kendali, anda telah
berusaha mengendalikan masalah anda.

Dengan menuliskan masalah anda, anda mulai mengambil alih kendali
atas masalah. Dengan menuliskan tujuan anda, anda mulai bergerak
dari sekedar dorongan keinginan - menjadi dorongan untuk mewujudkan.

Sekali lagi. Buat catatan.

***

emang penting lho, klo udah terlalu sibuk ampe bingung mana duluan yg mesti dikerjain, dicatet tuh solusi terbaik, coz dg mencatat semua masalah yg belom terselesaikan akan terlist n akan bisa di solve satu2.. yaah..akhir2 ini, w sering banget pikun, makanya w bikin catetan apa yg mesti w kerjain. ok deh..segitu aja, semoga bermanfaat! :)

( resensi.net-buat catatan )
 

My Story Life Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by web hosting